SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM)SYSTEM)
Ø
Klasifikasi
Sistem
• Sistem abstrak dan system\
• Sistem alamiah dan sistem buatan
manusia.Sistem alamiah dan sistem buatan manusia.
•
Sistem tertentu (deterinistic system) dan sistem tidak tentu (probabilistic
system). Contoh: Sistem program Komputer. Contoh: Sistem persediaan barang.
\•
Sistem Tertutup dan sistem terbuka. Contoh sistem gaji perusahaan. Contoh
sistem penjualansistem penjualan.
Ø
Sekelompok
Elemen yang SISTEM p y g terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai
suatu tujuan D t t l h di l h / ilikiINFORMASI Data yang telah diolah /
memiliki arti MANAJEMEN Kumpulan aktivitas (Planning, Organazing
CommandingOrganazing, Commanding, Coordinating dan Controlling)- >Henry
FAyol
Ø
Tugas
Manajer Manajer Informasi/Data Manusia Mesin (Energi & Fasilitas) UangUang
MAterial SD. FISIK SD. KONSEPTUAL
Ø
. Data
dan InformasiData dan Informasi
• DataData – Aliran Aliran fakta fakta dasar
dasar
• Informasi – Interpretasi Data yang disajikan
disajikan dengan cara yang berarti
•
Informatika – Studi tentang informasi, sistem informasi dan teknologi
informasiinformasi dan teknologi informasi
Ø
Sistem
Informasi (1)Sistem Informasi
Ø
• Sistem Informasi adalah kombinasi antara
prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk
mencapai tujuan dalam sebuahuntuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi
(Alter, 1992
• Sistem informasi adalah kumpulan perangkat
keras dan perangkat lunak yangperangkat keras dan perangkat lunak yang
dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna
(Bodnar dan Hopwood 1993)(Bodnar dan Hopwood, 1993)
Ø
Sistem
Informasi
• Sistem informasi adalah suatu sistem buatan
manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan
manual yang dibuat untukkomputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun,
menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada
pemakai , (Gelinas,keluaran kepada pemakai , (Gelinas, Oram, dan Wiggins, 1990)
•
Sistem Informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana dataprosedur
formal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan
didistribusikan kepada k i (H ll 2001)pemakai (Hall, 2001)
Ø
Sistem
Informasi Sebuah sistem informasi mengumpulkan,g p , memproses, menyimpan,
menganalisisi, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik (Turban,
McLean, Wetherbe,yang spesifik (Turban, McLean, Wetherbe, 1999) Sistem informasi kerangka kerja yang
mengkoordinasikan sumber dayamengkoordinasikan sumber daya (manusia, komputer)
untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi) guna mencapai
sasaran(informasi), guna mencapai sasaran- sasaran perusahaan (Wilkinson, 1992)
Ø
Sistem
Informasi sistem informasi adalah kegiatan yang mencakup k d l l h ( th i
)semua aspek dalam perolehan (gathering), pengkombinasian (combining),
penyimpanan (storing) dan penggunaan (using) informasi untuk mencapai tujuan tertentu
dari dibuatnya suatumencapai tujuan tertentu dari dibuatnya suatu sistem Mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer
teknologi informasi dan prosedurkomputer, teknologi informasi, dan prosedur
kerja) Ada sesuatu yang diproses (data
menjadi informasi)informasi) Dimaksudkan
untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan
Ø
Teknologi
Informasi Mulai populer akhir 70-anMulai
populer akhir 70 an Sebelumnya dikenal dengan teknologi komputer atau
Pengolahan Datakomputer atau Pengolahan Data Elektronis atau PDE (Electronic
Data Processing atau EDP)Processing atau EDP)
Ø
Teknologi
Informasi Studi atau penggunaan
peralatanp gg p elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa,
dan mendistribusikan informasi apa saja,mendistribusikan informasi apa saja,
termasuk kata-kata, bilangan dan gambar (Kamus Oxford, 1995) Teknologi informasi mencakup perangkat
Teknologi informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk
melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti
menangkappemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan,
mengambil, memanipulasi, atau ilk d t (Alt 1992)menampilkan data (Alter, 1992)
Ø
Teknologi
Informasi Teknologi informasi tidak
hanya terbatasg y pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan
menyimpan informasi, melainkan juga mencakupinformasi, melainkan juga mencakup
teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999) Teknologi informasi adalah segala bentuk
Teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk
memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas 2000)dalam
bentuk elektronis (Lucas, 2000)
Ø
Teknologi
Informasi (4)g ( ) • Teknologi Informasi adalah teknologi yangg g y g digunakan
untuk menyimpan, menghasilkan, mengolah, serta menyebarkan informasimenyebarkan
informasi Komponen utama: – Komputer – Multimedia – Komunikasi
Ø
Teknologi
Informasi Peranan Teknologi InformasiPeranan Teknologi Informasi menggantikan
peran manusia (otomasi)(otomasi) memperkuat peran manusia restrukturisasi
terhadap peran restrukturisasi terhadap peran manusia
Ø
Contoh
pengaruh teknologi i f i d l bi iinformasi dalam proses bisnis Aturan lama :
Manajer membuat semua keputusan Teknologi informasi : Perangkat pendukung
keputusanTeknologi informasi : Perangkat pendukung keputusan Aturan baru :
Pembuatan keputusan adalah bagian pekerjaan dari setiap orang Aturan lama :
Hanya pakar yg dpt melaksanakan pekerjaan kompleks T k l i i f i Si t P k (E t
S t )Teknologi informasi : Sistem Pakar (Expert System) Aturan baru : Orang awam
dpt melakukan pekerjaan seorang pakar Aturan lama : Informasi hanya dapat
muncul pada satu tempat pada satu saat Teknologi informasi : Berbagi basis data
Aturan baru : Informasi dpt muncul di banyak tempat secara serentak ketika
diperlukan Aturan lama : Petugas lapangan memerlukan tempat yang
digunakanAturan lama : Petugas lapangan memerlukan tempat yang digunakan untuk
menerima, menyimpan, mengambil, dan mengirimkan informasi Teknologi informasi :
Komunikasi data tanpa kabel dan komputer portabel Aturan baru : Petugas
lapangan dapat mengirim dan menerimaAturan baru : Petugas lapangan dapat
mengirim dan menerima informasi kapan saja diperlukan
Ø
Bentuk
Sistem Informasi (1)Bentuk Sistem Informasi (1) Kemampuan sistem
informasiKemampuan sistem informasi mendukung sasaran bisnis : – Peningkatan
produktifitasg p – Pengurangan biaya – Peningkatan pengambilan keputusang p g p
– Peningkatan layanan ke pelanggan – Pengembangan aplikasi-aplikasig g p p
strategis yang baru
Ø
Bentuk
Sistem Informasi Sistem Informasi
Manajemen (Managementj ( g Information System) Sistem Pendukung Keputusan
(Decision Support System)System) Sistem
Informasi Eksekutif (Executive Information System) • Sistem Otomasi Perkantoran
(Office Automation) • Sistem Pendukung Pakar (Expert Support System) • Sistem
Proses Transaksi (Transaction Processing System)
Ø
Bentuk
Sistem Informasi Contoh pengembangan bentuk sistemContoh pengembangan bentuk
sistem informasi • Sistem Informasi Geografis (Geographicg g Information
System) • Sistem Informasi Medis (Medical I f ti S t )Information System) •
Sistem Informasi Pemasaran (Marketing Information System)Information System) •
Sistem Informasi Akademik (Academic Information System)Information System)
Ø
Contoh
TI dan SIContoh TI dan SI • Contoh TIContoh TI – Perangkat Keras (PC, UNIX
server, Barcode scanner) Perangkat Lunak (e-mail Internet Windows Software–
Perangkat Lunak (e-mail, Internet, Windows, Software pengolah transaksi, Word
Processing) –Consumer devices (mobile phone, token)( p , ) • Contoh SI File
systems databases e File systems– File systems, databases, e File systems,
databases, e-mail servers /clients – e-commercee commerce – SAP (ERP).
Ø
Pentingnya
SI Untuk mempertahankan danUntuk mempertahankan dan mengembangkan suatu
organisasi, memerlukan : – Lokasi yang beragam (perlu networking, Internet) –
Produk dan layanan baru – Meningkatkan pekerjaan dan alur kerja : Efisiensi,
Biaya, Etika dan isu sosial
Ø
Pentingnya
SI • Mengantisipasi
Perubahan:Mengantisipasi Perubahan: – Ekonomi Global Global Masyarakat berbasis
Pengetahuan– Masyarakat berbasis Pengetahuan atau Informasi – Business
enterprise – Technology
Ø
Faktor
yang Mempengaruhi Perhatian Pada Manajemen InformasiPada Manajemen Informasi 1.
Kompleksitas Kegiatan Bisnisp g • Pengaruh ekonomi Internasional • Persaingan
DuniaPersaingan Dunia • Kompleksitas Teknologi Meningkat • Batas Waktu Singkat•
Batas Waktu Singkat • Kendala Sosial 2 Kemamp an Komp ter2. Kemampuan Komputer
• Ukuran • Kecepatan
Ø
Pengguna
Manajemen I f iInformasi 1.Manajer1.Manajer 2.Non Manajer 3.Orang dan
organisasi dalam perusahaanp
Ø
Manager
Dapat Ditemukan Pada Setiap Level Dan Area FungsionalSetiap Level Dan Area
Fungsional Perusahaan Strategic planning levelStrategic planning level
Management Control LevelManagement Control Level Operational ControlOperational
Control LevelLevel Finance Function Manufacturing Function LevelLevel Human Resources
Information Services Marketing FunctionFunction Function Function Function
Ø
SI
pada Level Organisasip g • Level Operasional – Aktifitas Dasar transaksi rutin
– Akurasi dan terkinian Data • Level Pengetahuan (Knowledge) – Mendukung
pengetahuan dan data pekerjaanMendukung pengetahuan dan data pekerjaan –
Mengintegrasikan pengetahuan baru ke dalam bisnisdalam bisnis – Otomasi
Perkantoran
Ø
SI
pada Level OrganisasiSI pada Level Organisasi • Level MenejemenLevel Menejemen
– Pengawasan sec Periodik, pengambilan keputusan dan administrasikeputusan dan
administrasi – Mengetahui apakah kegiatan bisnis bekerja dengan baikdengan
baik. • Level Strategis – Perencanaan strategis jangka panjangPerencanaan
strategis jangka panjang (mis 5 tahun); – Informasi Internal dan
eksternalInformasi Internal dan eksternal.
Ø
ContohContoh
Level Operasional• Level Operasional – Pembuatan KTP online, pelaporan l j k i
i b ipelaporan pajak, perizinan, absensi, penggajian, L l P t h• Level
Pengetahuan – Sistem perkantoran, persiapan dan manajemen dokumen kerja,
Ø
Contoh
• Level MenejemenLevel Menejemen – Pengambilan keputusan yang tidak rutin
(terkait dengan pertanyaan “bagaimana jika” ) – Memperoleh data dari sumber
internal dan eksternal • Level Strategis – Pengembangan Produk layanan untuk 5
tahun ke ddepan, – Kebutuhan karyawan di 5 tahun mendatang.
Ø
Lapisan
SI sec VertikalLapisan SI sec Vertikal
Ø
Sistem
Pemrosesan T k iTransaksi • Sistem yang melakukan danSistem yang melakukan dan
merekam transaksi rutin harian
Ø
Sistem
Pengetahuan P k jPekerjaan Si t b t b t• Sistem yang membantu pembuatan dan
integrasi pengetahuan baru ke dalam organisasidalam organisasi
Ø
Sistem
Otomasi PerkantoranSistem Otomasi Perkantoran • Sistem yang dirancang
untukSistem yang dirancang untuk meningkatkan produktifitas data pekerjaanp j
Ø
Sistem
Informasi M jMenejemen • Sistem yang melayani perencanaanSistem yang melayani
perencanaan, kendali dan pengambilan keputusan melalui laporan dan ringkasan
yangp g y g rutin
Ø
Sistem
Penunjang K tKeputusan • Sistem yang menkombinasikan dataSistem yang
menkombinasikan data, model dan peralatan analisis untuk keputusan yang tidak
rutinp y g
Ø
Sistem
Penunjang EksekutifSistem Penunjang Eksekutif • Sistem yang menunjang
pengambilanSistem yang menunjang pengambilan keputusan yang tidak rutin melalui
model grafik lanjut dan komunikasig j
Ø
KeterhubunganKeterhubungan
• SPT lebih kepada• SPT lebih kepada menghasilkan data • Data eksternal• Data
eksternal diperlukan pula untuk SIM SPK dan SPESIM, SPK, dan SPE
Ø
Contoh
Fungsionalitas SIContoh Fungsionalitas SI • Contoh Fungsional SI :Contoh
Fungsional SI : – Penjualan dan Pemasaran Manufacturing dan produksi–
Manufacturing dan produksi – Keuangan dan Akuntansi – Kepegawaian – Kesehatan –
Kewilayahan – KependudukanKependudukan
Ø
Contoh
Proses Bisnis • Penjualan dan PemasaranPenjualan dan Pemasaran – Identifikasi
pelanggan, penjualan produk • Manufacturing dan produksi• Manufacturing dan
produksi – Assembling produk • Keuangan dan Akuntansi – Pembayaran, •
Kepegawaian – Rekrutmen, training, mutasi, cutiRekrutmen, training, mutasi,
cuti
Ø
\Customer
Relationship M t (CRM)Management (CRM) • Koordinasi semua proses bisnis yang
terkaitKoordinasi semua proses bisnis yang terkait dengan pelanggan (Customer)
• Pelanggan merupakan aset jangka-panjang :Pelanggan merupakan aset jangka
panjang : – Sumber pendapatan Hubungan baik dengan pelanggan– Hubungan baik
dengan pelanggan memberikan pendapatan jangka panjang yang lebih baikyang lebih
baik • Contoh: SAP G ldMi A– SAP, GoldMine, Avaya
Ø
Supply
Chain Management (SCM)(SCM) • Koordinasi semua bisnis proses yang terkait
denganp y g g proses pembelian, pembuatan dan pemindahan produk I t i l i d di
t ib t d l t• Integrasi penyuplai dan distributor dalam suatu proses tunggal –
Dapat mengurangi waktu dan usaha serta biayaDapat mengurangi waktu dan usaha
serta biaya inventori – Products on demand: suppliers dapat mengirim produk
langsung ke pelanggan • Contoh: – SAP, CSC, PeopleSoft
Ø
Enterprise
Systems (ES)Enterprise Systems (ES) • SI pada organisasi yang
mengintegrasikanSI pada organisasi yang mengintegrasikan kunci proses bisnis
untuk memfasilitasi aliran informasi • Dikenal juga sebagai Sistem Enterprise
Resource Planning (ERP)g ( ) • Mengintegrasikan enam tipe SI – Meningkatkan
ketersediaan informasi dang menghilangkan duplikasi dan kesalahan yang terkait
– Meningkatkan efisiensi dan pengurangan biaya
Ø
Contoh
Sistem Enterprisep • CRM dan SCMCRM dan SCM • Menjalankan bagaimana proses
bisnis dapat dijalankan dengan baikbisnis dapat dijalankan dengan baik oleh
suatu Si terintegrasi • Melibatkan hubungan ke organisasi eksternal melalui
suatu Jaringan
Ø
Nilai
Bisnis SINilai Bisnis SI • Nilai berdasarkan biaya dan keuntungan :Nilai
berdasarkan biaya dan keuntungan : – Modal: awal dan periodik: • Peralatan
personal dan training• Peralatan, personal dan training – Pengurangan biaya: •
Pengurangan jumlah staff – Keuntungan Intangible : • Peningkatan di bisnis
Ø
Contoh
BiayaContoh Biaya • Hardware / software – Pembelian – Perawatan • Layanan
Layanan – Konsultasi T i i– Training • Personal Personal Kontrak– Kontrak –
Training – Gaji / tunjanganGaji / tunjangan
Ø
Contoh
Keuntungan T iblTangible • Peningkatan produktivitasPeningkatan produktivitas •
Penurunan biaya operasi • Pengurangan tekanan pekerjaanPengurangan tekanan
pekerjaan • Penurunan biaya computer • Penurunan biaya supplierPenurunan biaya
supplier • Penurunan biaya pegawai • Mengurangi pertumbunan
pengeluaranMengurangi pertumbunan pengeluaran • Pengurangan biaya fasilitas
Ø
Contoh
K t I t iblKeuntungan Intangible • Peningkatan penggunaan asset;Peningkatan
penggunaan asset; • pengendalian sumber daya, perencanaan • Meningkatkan
fleksibilitasMeningkatkan fleksibilitas • Meningkatkan pembelajaran •
Pencapaian kebutuhan legalPencapaian kebutuhan legal • Peningkatan kontribusi
pegawai, kepuasan Pekerjaan, pengambilan keputusan danj , p g p operasional •
Kepuasan pelanggan • Citra yang lebih baik
Ø
Sistem
Berbasis KomputerSistem Berbasis Komputer Sistem berbasis komputer adalah
sistem yangy g komponen-komponennya atau subsistem- subsistemnya terdiri dari:
O• Orang • Perangkat Keras (Hardware) komputer • Perangkat Lunak (Software)
komputer • Basis data • Prosedur • Dokumentasi
Ø
•
Keenam komponen tersebut merupakan dasar pembentuk sistem berbasis komputer,
dan komponen k 3 k 4 k 5 d k 6 t b tke-3, ke-4, ke-5, dan ke-6 tersebut
merupakan hasil aktifitas rekayasa perangkat lunak (softwareperangkat lunak
(software engineering). Perangkat lunak komputer adalah produk yangkomputer
adalah produk yang dihasilkan melalui serangkaian aktivitas proses rekayasa
atauaktivitas proses rekayasa atau pengembangan software, yang menghasilkan
aktivitas berupa:g p
Ø
•
Dokumen-dokumen yangy g menspesifikasikan program yang hendak dibangun •
Program yang dieksekusi komputer • Dokumen yang menjelaskan programDokumen yang
menjelaskan program dan cara kerja program • Data berbentuk angka atau teks
yangData berbentuk angka atau teks, yang juga berupa audio, video, gambar, dan
sebagainya.g y
Ø
Siklus
InformasiSiklus Informasi Suatu informasi akan memiliki manfaat dalam proses
pengambilan keputusanda a p oses pe ga b a eputusa apabila informasi tersebut
mempunyai kualitas dan nilai. Kriteria kualitas informasi adalah : • Akurat :
yang berarti informasi harus• Akurat : yang berarti informasi harus tidak bias
atau menyesatkan dan bebas dari kesalahan. • Tepat waktu : yang berarti
informasi yang sampai kepada penerima tidak bolehyang sampai kepada penerima
tidak boleh terlambat. Mahalnya nilai informasi saat ini adalah karena harus
cepatnya informasi tersebut didapatkan, sehingga diperlukan teknologi mutakhir
untuk mendapatkanteknologi mutakhir untuk mendapatkan, mengolah, dan
mengirimkan. •Relevan : yang berarti informasi harus mempunyai manfaat bagi
pihak yang imenerimanya.
Ø
Sistem
informasi berbasis K tKomputer • Fokus utama sistem informasi berbasis komputer
adalah untuk aplikasi otomatisasi perkantoran (Office Aotomation/OA) • Dimana
komputer memiliki porsi yang semakin berarti untuk aplikasi SIA (Sistem
Informasi Akuntansi), SIM (sistem Informasi Manajemen), dan DSS (Decission
Support System). Komputer dapat melakukan tugas sesuai dengan yang
diperintahkan oleh penggunannya bahkan dengan sistem cerdas (expert
system)penggunannya, bahkan dengan sistem cerdas (expert system), jaringan
saraf (neural network), dan sistem berbasis pengetahuan (knowledge-based
system), komputer tidak sekedar membantu pekerjaan manusia, namun juga bisa
memberikan solusi pada kegiatan yang dianggap sulit oleh manusia.
Ø
Mengapa
komputer begitu sangatMengapa komputer begitu sangat penting dalam menyediakan
informasi? • Kegiatan bisnis semakin meningkat dan rumitda u • Globalisasi
ekonomi • Persaingan Dunia• Persaingan Dunia • Kebutuhan teknologi yang andal B
t kt ki i k t• Batas waktu semakin singkat • Kendala-kendala sosial • Tuntutan
pelayanan praktis dan cepat saji
Ø
•
Kemampuan komputer semakin baikKemampuan komputer semakin baik • Kecepatan •
Kapasitas• Kapasitas • Repetitif • Input yang pasti • Output yang akurat •
Keamanan proses dan dokumentasi
Ø
. Keuntungan
penggunaan Sistem Informasig p gg Penggunaan sistem informasi berbasis komputer
dalam sebuah organisasi atau perusahaan memiliki manfaat berupa
keuntungan-keuntungan seperti :g g – Dapat meningkatkan keuntungan perusahaan –
Mengurangi biaya bisnis Meningkatkan pangsa pasar (ekspansi berupa–
Meningkatkan pangsa pasar (ekspansi berupa jangkauan dan variasi produk) –
Perbaikan relasi pelanggan atau pelayanan pelangganpelanggan – Meningkatkan
efisiensi – Dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan – Pemenuhan peraturan
lebih baik dan teratur – Kesalahan leb ih sedikit – Perbaikan keamanan
danPerbaikan keamanan, dan – Kapasitas lebih banyak atau besar.
Ø
Sistem
Informasi M jManajemen • Menurut Raymond McLeod Jr & GMenurut Raymond
McLeod, Jr. & G. Schell (“Sistem Informasi Manajemen”, Prenhallindo,
Jakarta,j , , , 2004) berpendapat bahwa SIM adalah suatu sistem berbasis
komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai d k b hdengan
kebutuhan yang serupa.
Ø
Peranan
Sistem informasi D l P M jDalam Proses Manajemen • Adalah menyediakan informasi
untuk menunjangy j g proses pengambilan keputusan yang dilakukan manajemen. •
Tugas sistem informasi adalah menyediakan• Tugas sistem informasi adalah
menyediakan informasi yang bersifat internal. Agar informasi yang dihasilkan
sistem informasi lebih mengena dan berguna bagi manajemen maka harus
dilakukanberguna bagi manajemen maka harus dilakukan analisa untuk mengetahui
kebutuhan informasi bagi setiap tingkatan manajemen. • SIM dalam perspektif
juga menyediakan informasi bagi orang-orang selain manajer, seperti sistem
informasi antar organisasi, masyarakat umum,g , y , pemerintah, dan sebagainya
Ø
•
Kerangka SIM dalam prosesKerangka SIM dalam proses pengambilan keputusan
manajerial dapat digambarkan melalui piramidap g p SIM berikut ini :
Ø
SIM
dan Pemecahan M l h (1)Masalah (1) SIM dan subsistem-subsistem organisasi diSIM
dan subsistem subsistem organisasi di dalamnya memiliki andil dalam pemecahan
masalah dalam dua hal sebagai berikut: • Sumber daya informasi organisasi. SIM
merupakan usaha organisasi untuk menyediakan informasi pemecahanmenyediakan
informasi pemecahan masalah. SIM menentukan tingkat pencapaian di tingkat lain
seperti DSS,p p g p kantor virtual, dan sistem berbasis pengetahuan.
Ø
SIM
dan Pemecahan M l h (2)Masalah (2) • Identifikasi dan pemahaman
masalahIdentifikasi dan pemahaman masalah. Ide utama dibalik SIM adalah menjaga
agar pasokan informasij g g p terus mengalir ke manajer untuk menandai ada
tidaknya masalah, jika ada selanjutnya memahaminya dengan menentukan lokasi dan
b bpenyebabnya.
Ø
Herbert
A. Simon, ahli manajemen pemenang penghargaan Nobel dari Carnegie Mellon
University berpendapatCarnegie-Mellon University berpendapat bahwa suatu
keputusan manajemen dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu:j g y • Keputusan
Terprogram (terstruktur). Yaitu keputusan yang bersifat berulang dan rutin d
iki hi t d tisedemikian sehingga suatu prosedur pasti telah dibuat untuk
menanganinya sehingga keputusan tersebut tidak perlu diperlukankeputusan
tersebut tidak perlu diperlukan de novo (sebagai sesuatu yang baru) tiap kali
terjadi.
Ø
K
t Tid k T (t k• Keputusan Tidak Terprogram (tak terstruktur). Yaitu keputusan
bersifat baru tidak terstruktur dan jarangbaru, tidak terstruktur, dan jarang
konsekuen. Tidak ada metode yang pasti untuk menangani masalah inipasti untuk
menangani masalah ini karena belum pernah ada sebelumnya, atau karena sifat dan
struktur persisnyaatau karena sifat dan struktur persisnya tak terlihat atau
rumit, atau karena begitu pentingnya sehinggag p g y gg memerlukan perlakukan
yang sangat khusus.
Ø
Proses
pengambilan keputusan juga dibagi menjadip g p j g g j keputusan tertutup dan
keputusan terbuka • Sistem pengambilan keputusan tertutup. Yaitu menganggap
bahwa keputusan dipisah dari masukanmenganggap bahwa keputusan dipisah dari
masukan yang tidak diketahui dari lingkungan. Dalam sistem ini pengambil
keputusan dianggap: • Mengetahui semua perangkat alternatif dan semua akibat
atau hasilnya masing-masing. • Memilih metode (aturan hubungan danMemilih
metode (aturan, hubungan dan sebagainya) yang memungkinkan dia membuat urutan
kepentingan semua alternatif. M ilih lt tif k i lk t• Memilih alternatif yang memaksimalkan
sesuatu, misalkan laba, volume penjualan, atau kegunaan.
Ø
•
Sistem Pengambilan Keputusan Terbuka. YaituSistem Pengambilan Keputusan
Terbuka. Yaitu memandang keputusan sebagian berada dalam suatu lingkungan yang
rumit dan sebagian tak diketahui Keputusan dipengaruhi oleh
lingkungandiketahui. Keputusan dipengaruhi oleh lingkungan dan pada gilirannya
proses keputusan kemudian mempengaruhi lingkungan. Model ini menganggap bahwa
pengambilan keputusan:bahwa pengambilan keputusan: • Tidak mengetahui semua
alternatif dan semua hasil • Melakukan pencarian secara terbatas untuk
menemukan beberapa alternatif yang memuaskanmemuaskan • Mengambil suatu
keputusan yang memuaskan tingkat aspirasinya (bukti keberhasilan atau k l
)kegagalan).
Ø
T
h t h d l bil k t tTahap-tahap dalam pengambilan keputusan menurut Simon,
terdiri dari 4 tahapan yaitu: • Kegiatan intelejen. Yaitu mengamati lingkungan
untukg j g g g mencari kondisi-kondisi yang perlu diperbaiki. • Kegiatan
merancang. Yaitu menemukan, mengembangkan dan menganalisis berbagai
alternatifmengembangkan dan menganalisis berbagai alternatif tindakan yang
mungkin • Kegiatan memilih. Yaitu memilih satu rangkaian tindakan tertentu dari
beberapa yang tersedia. • Kegiatan menelaah. Yaitu menilai pilihan-pilihan yang
lalulalu
Ø
Sistem
Pengambilan K t (DSS)Keputusan (DSS) DSS merupakan salah satu produk software
yangp p y g dikembangkan secara khusus untuk membantu manajemen dalam proses
pengambilan keputusan.keputusan. Tujuan DSS adalah sebagai ‘second opinion’
atau ‘information sources’ sebagai bahan pertimbangan seorang manajer sebelum
memutuskan kebijakanseorang manajer sebelum memutuskan kebijakan tertentu.
Pendekatan untuk DSS yang popular adalah dengan menggunakan teknik simulasi
yang i t ktif hi dih k i t i i d tinteraktif, sehingga diharapkan sistem ini
dapat merepresentasikan keadaan dunia nyata yang sesungguhnya.
Ø
DSSDSS
Lima karakteristik utama DSS:Lima karakteristik utama DSS: • Sistem yang
berbasis komputer • Dipergunakan untuk mengambil keputusanDipergunakan untuk
mengambil keputusan • Untuk memecahkan masalah-masalah yang rumit yang tidak
dapat digunakany g y g p g dengan kalkulasi manual • Melalui cara simulasi yang
interaktif • Komponen utamanya data dan model analisis
Ø
DSSDSS
Secara garis besar DSS dibangun oleh 3 komponen:g g p • Database : Sistem
database adalah kumpulan semua data yang dimiliki oleh perusahaan, baik data
dasar maupun transaksi sehari haridata dasar maupun transaksi sehari-hari •
Model Base: adalah suatu model yang merepresentasikan permasalahan ke dalam
format kuantitatif. • Software System : paduan dua komponen sebelumnya setelah
sebelumnyasebelumnya setelah sebelumnya direpresentasikan ke dalam bentuk model
yang dimengerti oleh sistem komputer.
Ø
DSSDSS
Produk DSS yang baru adalah DGMS (Dialogy g ( g Generation and Management
System), yang merupakan suatu sistem untuk memungkinkan terjadinya ‘dialog’
interaktif antara komputer danterjadinya dialog interaktif antara komputer dan
manusia (user). Jenis-jenis DSS: untuk pelaporan (report) atau pencarian
informasi (query), untuk penyusunan anggaran tahunan untuk melakukanpenyusunan
anggaran tahunan, untuk melakukan kenaikan gaji karyawan, untuk menentukan
besarnya jam lembur karyawan, untuk memprediksi pendapatan perusahaan di
masamemprediksi pendapatan perusahaan di masa mendatang dari beberapa divisi,
dll.
Ø
Sistem
Informasi Eksekutif (EIS) (1)(EIS) (1) • Informasi yang tepat dan akurat
yangInformasi yang tepat dan akurat yang dibutuhkan oleh seorang eksekutif yang
diperlukan dalam proses pengambilan k t S l i it di l kkeputusan. Selain itu
diperlukan ketersediaan fasilitas pendukung yang mudah dipergunakan, dan dapat
benar-mudah dipergunakan, dan dapat benar benar memperbaiki dan meningkatkan
kualitas proses pengambilan keputusan. S t i i dik t k b h il jikSuatu
organisasi dikatakan berhasil jika key performance measure yang dimilki
terpenuhi atau di atas target yang telahterpenuhi atau di atas target yang
telah ditetapkan
Ø
Sistem
Informasi Eksekutif (EIS) (2)(EIS) (2) Penyebab dari kegagalan atau buruknya
kinerja EIS:y g g y j • Salah mengerti mengenai cara kerja EIS, misal dianggap
sistem yang terpisah dari modul-modul yang lain jika database utama unreliable
sehinggayang lain, jika database utama unreliable sehingga informasi yang
dihasilkan juga tidak mempunyai kualitas yang baik. • Data yang tidak
up-to-date • Modul EIS yang sederhana yang tidak memiliki fasilitas advanced
featuresfasilitas advanced features
Ø
Pembangunan
Sistem I f iInformasi Dalam membangun sistem informasi bisnis produkg p yang
akan dihasilkan bisa dikategorikan dua hal yaitu: • Front-Office Information
System yaitu sistem informasi yangFront-Office Information System, yaitu sistem
informasi yang mendukung fungsi bisnis yang mencapai konsumen (konstituent),
dan • Back-Office Information System yaitu sistem informasi yangBack Office
Information System, yaitu sistem informasi yang mendukung operasi bisnis
internal dan berinteraksi dengan pemasok. Kedua sistem informasi tersebut akan
mengalirkanKedua sistem informasi tersebut akan mengalirkan data ke sistem
informasi manajemen dan sistem pendukung keputusan yang mendukung kebutuhan
bisnis manajemenkebutuhan bisnis manajemen.
Komentar
Posting Komentar