SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM)SYSTEM)





   
Ø  Klasifikasi Sistem
 • Sistem abstrak dan system\
 • Sistem alamiah dan sistem buatan manusia.Sistem alamiah dan sistem buatan manusia.
• Sistem tertentu (deterinistic system) dan sistem tidak tentu (probabilistic system). Contoh: Sistem program Komputer. Contoh: Sistem persediaan barang.
\• Sistem Tertutup dan sistem terbuka. Contoh sistem gaji perusahaan. Contoh sistem penjualansistem penjualan.
Ø  Sekelompok Elemen yang SISTEM p y g terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan D t t l h di l h / ilikiINFORMASI Data yang telah diolah / memiliki arti MANAJEMEN Kumpulan aktivitas (Planning, Organazing CommandingOrganazing, Commanding, Coordinating dan Controlling)- >Henry FAyol
Ø  Tugas Manajer Manajer Informasi/Data Manusia Mesin (Energi & Fasilitas) UangUang MAterial SD. FISIK SD. KONSEPTUAL
Ø  Data dan InformasiData dan Informasi
 • DataData – Aliran Aliran fakta fakta dasar dasar
 • Informasi – Interpretasi Data yang disajikan disajikan dengan cara yang berarti
• Informatika – Studi tentang informasi, sistem informasi dan teknologi informasiinformasi dan teknologi informasi
Ø  Sistem Informasi (1)Sistem Informasi
Ø   • Sistem Informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuahuntuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi (Alter, 1992
 • Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yangperangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna (Bodnar dan Hopwood 1993)(Bodnar dan Hopwood, 1993)
Ø  Sistem Informasi
 • Sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untukkomputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada pemakai , (Gelinas,keluaran kepada pemakai , (Gelinas, Oram, dan Wiggins, 1990)
• Sistem Informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana dataprosedur formal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada k i (H ll 2001)pemakai (Hall, 2001)
Ø     Sistem Informasi Sebuah sistem informasi mengumpulkan,g p , memproses, menyimpan, menganalisisi, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik (Turban, McLean, Wetherbe,yang spesifik (Turban, McLean, Wetherbe, 1999)  Sistem informasi kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber dayamengkoordinasikan sumber daya (manusia, komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi) guna mencapai sasaran(informasi), guna mencapai sasaran- sasaran perusahaan (Wilkinson, 1992)
Ø  Sistem Informasi sistem informasi adalah kegiatan yang mencakup k d l l h ( th i )semua aspek dalam perolehan (gathering), pengkombinasian (combining), penyimpanan (storing) dan penggunaan (using) informasi untuk mencapai tujuan tertentu dari dibuatnya suatumencapai tujuan tertentu dari dibuatnya suatu sistem  Mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer teknologi informasi dan prosedurkomputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja)  Ada sesuatu yang diproses (data menjadi informasi)informasi)  Dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan
Ø  Teknologi Informasi  Mulai populer akhir 70-anMulai populer akhir 70 an Sebelumnya dikenal dengan teknologi komputer atau Pengolahan Datakomputer atau Pengolahan Data Elektronis atau PDE (Electronic Data Processing atau EDP)Processing atau EDP)
Ø  Teknologi Informasi  Studi atau penggunaan peralatanp gg p elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja,mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan dan gambar (Kamus Oxford, 1995)  Teknologi informasi mencakup perangkat Teknologi informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkappemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi, atau ilk d t (Alt 1992)menampilkan data (Alter, 1992)
Ø  Teknologi Informasi  Teknologi informasi tidak hanya terbatasg y pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakupinformasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)  Teknologi informasi adalah segala bentuk Teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas 2000)dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
Ø  Teknologi Informasi (4)g ( ) • Teknologi Informasi adalah teknologi yangg g y g digunakan untuk menyimpan, menghasilkan, mengolah, serta menyebarkan informasimenyebarkan informasi Komponen utama: – Komputer – Multimedia – Komunikasi
Ø  Teknologi Informasi Peranan Teknologi InformasiPeranan Teknologi Informasi menggantikan peran manusia (otomasi)(otomasi)  memperkuat peran manusia restrukturisasi terhadap peran restrukturisasi terhadap peran manusia
Ø  Contoh pengaruh teknologi i f i d l bi iinformasi dalam proses bisnis Aturan lama : Manajer membuat semua keputusan Teknologi informasi : Perangkat pendukung keputusanTeknologi informasi : Perangkat pendukung keputusan Aturan baru : Pembuatan keputusan adalah bagian pekerjaan dari setiap orang Aturan lama : Hanya pakar yg dpt melaksanakan pekerjaan kompleks T k l i i f i Si t P k (E t S t )Teknologi informasi : Sistem Pakar (Expert System) Aturan baru : Orang awam dpt melakukan pekerjaan seorang pakar Aturan lama : Informasi hanya dapat muncul pada satu tempat pada satu saat Teknologi informasi : Berbagi basis data Aturan baru : Informasi dpt muncul di banyak tempat secara serentak ketika diperlukan Aturan lama : Petugas lapangan memerlukan tempat yang digunakanAturan lama : Petugas lapangan memerlukan tempat yang digunakan untuk menerima, menyimpan, mengambil, dan mengirimkan informasi Teknologi informasi : Komunikasi data tanpa kabel dan komputer portabel Aturan baru : Petugas lapangan dapat mengirim dan menerimaAturan baru : Petugas lapangan dapat mengirim dan menerima informasi kapan saja diperlukan
Ø  Bentuk Sistem Informasi (1)Bentuk Sistem Informasi (1) Kemampuan sistem informasiKemampuan sistem informasi mendukung sasaran bisnis : – Peningkatan produktifitasg p – Pengurangan biaya – Peningkatan pengambilan keputusang p g p – Peningkatan layanan ke pelanggan – Pengembangan aplikasi-aplikasig g p p strategis yang baru
Ø  Bentuk Sistem Informasi  Sistem Informasi Manajemen (Managementj ( g Information System) Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System)System)  Sistem Informasi Eksekutif (Executive Information System) • Sistem Otomasi Perkantoran (Office Automation) • Sistem Pendukung Pakar (Expert Support System) • Sistem Proses Transaksi (Transaction Processing System)
Ø  Bentuk Sistem Informasi Contoh pengembangan bentuk sistemContoh pengembangan bentuk sistem informasi • Sistem Informasi Geografis (Geographicg g Information System) • Sistem Informasi Medis (Medical I f ti S t )Information System) • Sistem Informasi Pemasaran (Marketing Information System)Information System) • Sistem Informasi Akademik (Academic Information System)Information System)
Ø  Contoh TI dan SIContoh TI dan SI • Contoh TIContoh TI – Perangkat Keras (PC, UNIX server, Barcode scanner) Perangkat Lunak (e-mail Internet Windows Software– Perangkat Lunak (e-mail, Internet, Windows, Software pengolah transaksi, Word Processing) –Consumer devices (mobile phone, token)( p , ) • Contoh SI File systems databases e File systems– File systems, databases, e File systems, databases, e-mail servers /clients – e-commercee commerce – SAP (ERP).
Ø  Pentingnya SI Untuk mempertahankan danUntuk mempertahankan dan mengembangkan suatu organisasi, memerlukan : – Lokasi yang beragam (perlu networking, Internet) – Produk dan layanan baru – Meningkatkan pekerjaan dan alur kerja : Efisiensi, Biaya, Etika dan isu sosial
Ø  Pentingnya SI  • Mengantisipasi Perubahan:Mengantisipasi Perubahan: – Ekonomi Global Global Masyarakat berbasis Pengetahuan– Masyarakat berbasis Pengetahuan atau Informasi – Business enterprise – Technology
Ø  Faktor yang Mempengaruhi Perhatian Pada Manajemen InformasiPada Manajemen Informasi 1. Kompleksitas Kegiatan Bisnisp g • Pengaruh ekonomi Internasional • Persaingan DuniaPersaingan Dunia • Kompleksitas Teknologi Meningkat • Batas Waktu Singkat• Batas Waktu Singkat • Kendala Sosial 2 Kemamp an Komp ter2. Kemampuan Komputer • Ukuran • Kecepatan
Ø  Pengguna Manajemen I f iInformasi 1.Manajer1.Manajer 2.Non Manajer 3.Orang dan organisasi dalam perusahaanp
Ø  Manager Dapat Ditemukan Pada Setiap Level Dan Area FungsionalSetiap Level Dan Area Fungsional Perusahaan Strategic planning levelStrategic planning level Management Control LevelManagement Control Level Operational ControlOperational Control LevelLevel Finance Function Manufacturing Function LevelLevel Human Resources Information Services Marketing FunctionFunction Function Function Function
Ø  SI pada Level Organisasip g • Level Operasional – Aktifitas Dasar transaksi rutin – Akurasi dan terkinian Data • Level Pengetahuan (Knowledge) – Mendukung pengetahuan dan data pekerjaanMendukung pengetahuan dan data pekerjaan – Mengintegrasikan pengetahuan baru ke dalam bisnisdalam bisnis – Otomasi Perkantoran
Ø  SI pada Level OrganisasiSI pada Level Organisasi • Level MenejemenLevel Menejemen – Pengawasan sec Periodik, pengambilan keputusan dan administrasikeputusan dan administrasi – Mengetahui apakah kegiatan bisnis bekerja dengan baikdengan baik. • Level Strategis – Perencanaan strategis jangka panjangPerencanaan strategis jangka panjang (mis 5 tahun); – Informasi Internal dan eksternalInformasi Internal dan eksternal.
Ø  ContohContoh Level Operasional• Level Operasional – Pembuatan KTP online, pelaporan l j k i i b ipelaporan pajak, perizinan, absensi, penggajian, L l P t h• Level Pengetahuan – Sistem perkantoran, persiapan dan manajemen dokumen kerja,
Ø  Contoh • Level MenejemenLevel Menejemen – Pengambilan keputusan yang tidak rutin (terkait dengan pertanyaan “bagaimana jika” ) – Memperoleh data dari sumber internal dan eksternal • Level Strategis – Pengembangan Produk layanan untuk 5 tahun ke ddepan, – Kebutuhan karyawan di 5 tahun mendatang.
Ø  Lapisan SI sec VertikalLapisan SI sec Vertikal
Ø  Sistem Pemrosesan T k iTransaksi • Sistem yang melakukan danSistem yang melakukan dan merekam transaksi rutin harian
Ø  Sistem Pengetahuan P k jPekerjaan Si t b t b t• Sistem yang membantu pembuatan dan integrasi pengetahuan baru ke dalam organisasidalam organisasi
Ø  Sistem Otomasi PerkantoranSistem Otomasi Perkantoran • Sistem yang dirancang untukSistem yang dirancang untuk meningkatkan produktifitas data pekerjaanp j
Ø  Sistem Informasi M jMenejemen • Sistem yang melayani perencanaanSistem yang melayani perencanaan, kendali dan pengambilan keputusan melalui laporan dan ringkasan yangp g y g rutin
Ø  Sistem Penunjang K tKeputusan • Sistem yang menkombinasikan dataSistem yang menkombinasikan data, model dan peralatan analisis untuk keputusan yang tidak rutinp y g
Ø  Sistem Penunjang EksekutifSistem Penunjang Eksekutif • Sistem yang menunjang pengambilanSistem yang menunjang pengambilan keputusan yang tidak rutin melalui model grafik lanjut dan komunikasig j
Ø  KeterhubunganKeterhubungan • SPT lebih kepada• SPT lebih kepada menghasilkan data • Data eksternal• Data eksternal diperlukan pula untuk SIM SPK dan SPESIM, SPK, dan SPE
Ø  Contoh Fungsionalitas SIContoh Fungsionalitas SI • Contoh Fungsional SI :Contoh Fungsional SI : – Penjualan dan Pemasaran Manufacturing dan produksi– Manufacturing dan produksi – Keuangan dan Akuntansi – Kepegawaian – Kesehatan – Kewilayahan – KependudukanKependudukan
Ø  Contoh Proses Bisnis • Penjualan dan PemasaranPenjualan dan Pemasaran – Identifikasi pelanggan, penjualan produk • Manufacturing dan produksi• Manufacturing dan produksi – Assembling produk • Keuangan dan Akuntansi – Pembayaran, • Kepegawaian – Rekrutmen, training, mutasi, cutiRekrutmen, training, mutasi, cuti
Ø  \Customer Relationship M t (CRM)Management (CRM) • Koordinasi semua proses bisnis yang terkaitKoordinasi semua proses bisnis yang terkait dengan pelanggan (Customer) • Pelanggan merupakan aset jangka-panjang :Pelanggan merupakan aset jangka panjang : – Sumber pendapatan Hubungan baik dengan pelanggan– Hubungan baik dengan pelanggan memberikan pendapatan jangka panjang yang lebih baikyang lebih baik • Contoh: SAP G ldMi A– SAP, GoldMine, Avaya
Ø  Supply Chain Management (SCM)(SCM) • Koordinasi semua bisnis proses yang terkait denganp y g g proses pembelian, pembuatan dan pemindahan produk I t i l i d di t ib t d l t• Integrasi penyuplai dan distributor dalam suatu proses tunggal – Dapat mengurangi waktu dan usaha serta biayaDapat mengurangi waktu dan usaha serta biaya inventori – Products on demand: suppliers dapat mengirim produk langsung ke pelanggan • Contoh: – SAP, CSC, PeopleSoft
Ø  Enterprise Systems (ES)Enterprise Systems (ES) • SI pada organisasi yang mengintegrasikanSI pada organisasi yang mengintegrasikan kunci proses bisnis untuk memfasilitasi aliran informasi • Dikenal juga sebagai Sistem Enterprise Resource Planning (ERP)g ( ) • Mengintegrasikan enam tipe SI – Meningkatkan ketersediaan informasi dang menghilangkan duplikasi dan kesalahan yang terkait – Meningkatkan efisiensi dan pengurangan biaya
Ø  Contoh Sistem Enterprisep • CRM dan SCMCRM dan SCM • Menjalankan bagaimana proses bisnis dapat dijalankan dengan baikbisnis dapat dijalankan dengan baik oleh suatu Si terintegrasi • Melibatkan hubungan ke organisasi eksternal melalui suatu Jaringan
Ø  Nilai Bisnis SINilai Bisnis SI • Nilai berdasarkan biaya dan keuntungan :Nilai berdasarkan biaya dan keuntungan : – Modal: awal dan periodik: • Peralatan personal dan training• Peralatan, personal dan training – Pengurangan biaya: • Pengurangan jumlah staff – Keuntungan Intangible : • Peningkatan di bisnis
Ø  Contoh BiayaContoh Biaya • Hardware / software – Pembelian – Perawatan • Layanan Layanan – Konsultasi T i i– Training • Personal Personal Kontrak– Kontrak – Training – Gaji / tunjanganGaji / tunjangan
Ø  Contoh Keuntungan T iblTangible • Peningkatan produktivitasPeningkatan produktivitas • Penurunan biaya operasi • Pengurangan tekanan pekerjaanPengurangan tekanan pekerjaan • Penurunan biaya computer • Penurunan biaya supplierPenurunan biaya supplier • Penurunan biaya pegawai • Mengurangi pertumbunan pengeluaranMengurangi pertumbunan pengeluaran • Pengurangan biaya fasilitas
Ø  Contoh K t I t iblKeuntungan Intangible • Peningkatan penggunaan asset;Peningkatan penggunaan asset; • pengendalian sumber daya, perencanaan • Meningkatkan fleksibilitasMeningkatkan fleksibilitas • Meningkatkan pembelajaran • Pencapaian kebutuhan legalPencapaian kebutuhan legal • Peningkatan kontribusi pegawai, kepuasan Pekerjaan, pengambilan keputusan danj , p g p operasional • Kepuasan pelanggan • Citra yang lebih baik
Ø  Sistem Berbasis KomputerSistem Berbasis Komputer Sistem berbasis komputer adalah sistem yangy g komponen-komponennya atau subsistem- subsistemnya terdiri dari: O• Orang • Perangkat Keras (Hardware) komputer • Perangkat Lunak (Software) komputer • Basis data • Prosedur • Dokumentasi
Ø  • Keenam komponen tersebut merupakan dasar pembentuk sistem berbasis komputer, dan komponen k 3 k 4 k 5 d k 6 t b tke-3, ke-4, ke-5, dan ke-6 tersebut merupakan hasil aktifitas rekayasa perangkat lunak (softwareperangkat lunak (software engineering). Perangkat lunak komputer adalah produk yangkomputer adalah produk yang dihasilkan melalui serangkaian aktivitas proses rekayasa atauaktivitas proses rekayasa atau pengembangan software, yang menghasilkan aktivitas berupa:g p
Ø  • Dokumen-dokumen yangy g menspesifikasikan program yang hendak dibangun • Program yang dieksekusi komputer • Dokumen yang menjelaskan programDokumen yang menjelaskan program dan cara kerja program • Data berbentuk angka atau teks yangData berbentuk angka atau teks, yang juga berupa audio, video, gambar, dan sebagainya.g y
Ø  Siklus InformasiSiklus Informasi Suatu informasi akan memiliki manfaat dalam proses pengambilan keputusanda a p oses pe ga b a eputusa apabila informasi tersebut mempunyai kualitas dan nilai. Kriteria kualitas informasi adalah : • Akurat : yang berarti informasi harus• Akurat : yang berarti informasi harus tidak bias atau menyesatkan dan bebas dari kesalahan. • Tepat waktu : yang berarti informasi yang sampai kepada penerima tidak bolehyang sampai kepada penerima tidak boleh terlambat. Mahalnya nilai informasi saat ini adalah karena harus cepatnya informasi tersebut didapatkan, sehingga diperlukan teknologi mutakhir untuk mendapatkanteknologi mutakhir untuk mendapatkan, mengolah, dan mengirimkan. •Relevan : yang berarti informasi harus mempunyai manfaat bagi pihak yang imenerimanya.
Ø  Sistem informasi berbasis K tKomputer • Fokus utama sistem informasi berbasis komputer adalah untuk aplikasi otomatisasi perkantoran (Office Aotomation/OA) • Dimana komputer memiliki porsi yang semakin berarti untuk aplikasi SIA (Sistem Informasi Akuntansi), SIM (sistem Informasi Manajemen), dan DSS (Decission Support System). Komputer dapat melakukan tugas sesuai dengan yang diperintahkan oleh penggunannya bahkan dengan sistem cerdas (expert system)penggunannya, bahkan dengan sistem cerdas (expert system), jaringan saraf (neural network), dan sistem berbasis pengetahuan (knowledge-based system), komputer tidak sekedar membantu pekerjaan manusia, namun juga bisa memberikan solusi pada kegiatan yang dianggap sulit oleh manusia.
Ø  Mengapa komputer begitu sangatMengapa komputer begitu sangat penting dalam menyediakan informasi? • Kegiatan bisnis semakin meningkat dan rumitda u • Globalisasi ekonomi • Persaingan Dunia• Persaingan Dunia • Kebutuhan teknologi yang andal B t kt ki i k t• Batas waktu semakin singkat • Kendala-kendala sosial • Tuntutan pelayanan praktis dan cepat saji
Ø  • Kemampuan komputer semakin baikKemampuan komputer semakin baik • Kecepatan • Kapasitas• Kapasitas • Repetitif • Input yang pasti • Output yang akurat • Keamanan proses dan dokumentasi
Ø  Keuntungan penggunaan Sistem Informasig p gg Penggunaan sistem informasi berbasis komputer dalam sebuah organisasi atau perusahaan memiliki manfaat berupa keuntungan-keuntungan seperti :g g – Dapat meningkatkan keuntungan perusahaan – Mengurangi biaya bisnis Meningkatkan pangsa pasar (ekspansi berupa– Meningkatkan pangsa pasar (ekspansi berupa jangkauan dan variasi produk) – Perbaikan relasi pelanggan atau pelayanan pelangganpelanggan – Meningkatkan efisiensi – Dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan – Pemenuhan peraturan lebih baik dan teratur – Kesalahan leb ih sedikit – Perbaikan keamanan danPerbaikan keamanan, dan – Kapasitas lebih banyak atau besar.
Ø  Sistem Informasi M jManajemen • Menurut Raymond McLeod Jr & GMenurut Raymond McLeod, Jr. & G. Schell (“Sistem Informasi Manajemen”, Prenhallindo, Jakarta,j , , , 2004) berpendapat bahwa SIM adalah suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai d k b hdengan kebutuhan yang serupa.
Ø  Peranan Sistem informasi D l P M jDalam Proses Manajemen • Adalah menyediakan informasi untuk menunjangy j g proses pengambilan keputusan yang dilakukan manajemen. • Tugas sistem informasi adalah menyediakan• Tugas sistem informasi adalah menyediakan informasi yang bersifat internal. Agar informasi yang dihasilkan sistem informasi lebih mengena dan berguna bagi manajemen maka harus dilakukanberguna bagi manajemen maka harus dilakukan analisa untuk mengetahui kebutuhan informasi bagi setiap tingkatan manajemen. • SIM dalam perspektif juga menyediakan informasi bagi orang-orang selain manajer, seperti sistem informasi antar organisasi, masyarakat umum,g , y , pemerintah, dan sebagainya
Ø  • Kerangka SIM dalam prosesKerangka SIM dalam proses pengambilan keputusan manajerial dapat digambarkan melalui piramidap g p SIM berikut ini :
Ø  SIM dan Pemecahan M l h (1)Masalah (1) SIM dan subsistem-subsistem organisasi diSIM dan subsistem subsistem organisasi di dalamnya memiliki andil dalam pemecahan masalah dalam dua hal sebagai berikut: • Sumber daya informasi organisasi. SIM merupakan usaha organisasi untuk menyediakan informasi pemecahanmenyediakan informasi pemecahan masalah. SIM menentukan tingkat pencapaian di tingkat lain seperti DSS,p p g p kantor virtual, dan sistem berbasis pengetahuan.
Ø  SIM dan Pemecahan M l h (2)Masalah (2) • Identifikasi dan pemahaman masalahIdentifikasi dan pemahaman masalah. Ide utama dibalik SIM adalah menjaga agar pasokan informasij g g p terus mengalir ke manajer untuk menandai ada tidaknya masalah, jika ada selanjutnya memahaminya dengan menentukan lokasi dan b bpenyebabnya.
Ø  Herbert A. Simon, ahli manajemen pemenang penghargaan Nobel dari Carnegie Mellon University berpendapatCarnegie-Mellon University berpendapat bahwa suatu keputusan manajemen dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu:j g y • Keputusan Terprogram (terstruktur). Yaitu keputusan yang bersifat berulang dan rutin d iki hi t d tisedemikian sehingga suatu prosedur pasti telah dibuat untuk menanganinya sehingga keputusan tersebut tidak perlu diperlukankeputusan tersebut tidak perlu diperlukan de novo (sebagai sesuatu yang baru) tiap kali terjadi.
Ø  K t Tid k T (t k• Keputusan Tidak Terprogram (tak terstruktur). Yaitu keputusan bersifat baru tidak terstruktur dan jarangbaru, tidak terstruktur, dan jarang konsekuen. Tidak ada metode yang pasti untuk menangani masalah inipasti untuk menangani masalah ini karena belum pernah ada sebelumnya, atau karena sifat dan struktur persisnyaatau karena sifat dan struktur persisnya tak terlihat atau rumit, atau karena begitu pentingnya sehinggag p g y gg memerlukan perlakukan yang sangat khusus.
Ø     Proses pengambilan keputusan juga dibagi menjadip g p j g g j keputusan tertutup dan keputusan terbuka • Sistem pengambilan keputusan tertutup. Yaitu menganggap bahwa keputusan dipisah dari masukanmenganggap bahwa keputusan dipisah dari masukan yang tidak diketahui dari lingkungan. Dalam sistem ini pengambil keputusan dianggap: • Mengetahui semua perangkat alternatif dan semua akibat atau hasilnya masing-masing. • Memilih metode (aturan hubungan danMemilih metode (aturan, hubungan dan sebagainya) yang memungkinkan dia membuat urutan kepentingan semua alternatif. M ilih lt tif k i lk t• Memilih alternatif yang memaksimalkan sesuatu, misalkan laba, volume penjualan, atau kegunaan.
Ø  • Sistem Pengambilan Keputusan Terbuka. YaituSistem Pengambilan Keputusan Terbuka. Yaitu memandang keputusan sebagian berada dalam suatu lingkungan yang rumit dan sebagian tak diketahui Keputusan dipengaruhi oleh lingkungandiketahui. Keputusan dipengaruhi oleh lingkungan dan pada gilirannya proses keputusan kemudian mempengaruhi lingkungan. Model ini menganggap bahwa pengambilan keputusan:bahwa pengambilan keputusan: • Tidak mengetahui semua alternatif dan semua hasil • Melakukan pencarian secara terbatas untuk menemukan beberapa alternatif yang memuaskanmemuaskan • Mengambil suatu keputusan yang memuaskan tingkat aspirasinya (bukti keberhasilan atau k l )kegagalan).
Ø  T h t h d l bil k t tTahap-tahap dalam pengambilan keputusan menurut Simon, terdiri dari 4 tahapan yaitu: • Kegiatan intelejen. Yaitu mengamati lingkungan untukg j g g g mencari kondisi-kondisi yang perlu diperbaiki. • Kegiatan merancang. Yaitu menemukan, mengembangkan dan menganalisis berbagai alternatifmengembangkan dan menganalisis berbagai alternatif tindakan yang mungkin • Kegiatan memilih. Yaitu memilih satu rangkaian tindakan tertentu dari beberapa yang tersedia. • Kegiatan menelaah. Yaitu menilai pilihan-pilihan yang lalulalu
Ø  Sistem Pengambilan K t (DSS)Keputusan (DSS) DSS merupakan salah satu produk software yangp p y g dikembangkan secara khusus untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan.keputusan. Tujuan DSS adalah sebagai ‘second opinion’ atau ‘information sources’ sebagai bahan pertimbangan seorang manajer sebelum memutuskan kebijakanseorang manajer sebelum memutuskan kebijakan tertentu. Pendekatan untuk DSS yang popular adalah dengan menggunakan teknik simulasi yang i t ktif hi dih k i t i i d tinteraktif, sehingga diharapkan sistem ini dapat merepresentasikan keadaan dunia nyata yang sesungguhnya.
Ø  DSSDSS Lima karakteristik utama DSS:Lima karakteristik utama DSS: • Sistem yang berbasis komputer • Dipergunakan untuk mengambil keputusanDipergunakan untuk mengambil keputusan • Untuk memecahkan masalah-masalah yang rumit yang tidak dapat digunakany g y g p g dengan kalkulasi manual • Melalui cara simulasi yang interaktif • Komponen utamanya data dan model analisis
Ø  DSSDSS Secara garis besar DSS dibangun oleh 3 komponen:g g p • Database : Sistem database adalah kumpulan semua data yang dimiliki oleh perusahaan, baik data dasar maupun transaksi sehari haridata dasar maupun transaksi sehari-hari • Model Base: adalah suatu model yang merepresentasikan permasalahan ke dalam format kuantitatif. • Software System : paduan dua komponen sebelumnya setelah sebelumnyasebelumnya setelah sebelumnya direpresentasikan ke dalam bentuk model yang dimengerti oleh sistem komputer.
Ø  DSSDSS Produk DSS yang baru adalah DGMS (Dialogy g ( g Generation and Management System), yang merupakan suatu sistem untuk memungkinkan terjadinya ‘dialog’ interaktif antara komputer danterjadinya dialog interaktif antara komputer dan manusia (user). Jenis-jenis DSS: untuk pelaporan (report) atau pencarian informasi (query), untuk penyusunan anggaran tahunan untuk melakukanpenyusunan anggaran tahunan, untuk melakukan kenaikan gaji karyawan, untuk menentukan besarnya jam lembur karyawan, untuk memprediksi pendapatan perusahaan di masamemprediksi pendapatan perusahaan di masa mendatang dari beberapa divisi, dll.
Ø  Sistem Informasi Eksekutif (EIS) (1)(EIS) (1) • Informasi yang tepat dan akurat yangInformasi yang tepat dan akurat yang dibutuhkan oleh seorang eksekutif yang diperlukan dalam proses pengambilan k t S l i it di l kkeputusan. Selain itu diperlukan ketersediaan fasilitas pendukung yang mudah dipergunakan, dan dapat benar-mudah dipergunakan, dan dapat benar benar memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses pengambilan keputusan. S t i i dik t k b h il jikSuatu organisasi dikatakan berhasil jika key performance measure yang dimilki terpenuhi atau di atas target yang telahterpenuhi atau di atas target yang telah ditetapkan
Ø  Sistem Informasi Eksekutif (EIS) (2)(EIS) (2) Penyebab dari kegagalan atau buruknya kinerja EIS:y g g y j • Salah mengerti mengenai cara kerja EIS, misal dianggap sistem yang terpisah dari modul-modul yang lain jika database utama unreliable sehinggayang lain, jika database utama unreliable sehingga informasi yang dihasilkan juga tidak mempunyai kualitas yang baik. • Data yang tidak up-to-date • Modul EIS yang sederhana yang tidak memiliki fasilitas advanced featuresfasilitas advanced features
Ø     Pembangunan Sistem I f iInformasi Dalam membangun sistem informasi bisnis produkg p yang akan dihasilkan bisa dikategorikan dua hal yaitu: • Front-Office Information System yaitu sistem informasi yangFront-Office Information System, yaitu sistem informasi yang mendukung fungsi bisnis yang mencapai konsumen (konstituent), dan • Back-Office Information System yaitu sistem informasi yangBack Office Information System, yaitu sistem informasi yang mendukung operasi bisnis internal dan berinteraksi dengan pemasok. Kedua sistem informasi tersebut akan mengalirkanKedua sistem informasi tersebut akan mengalirkan data ke sistem informasi manajemen dan sistem pendukung keputusan yang mendukung kebutuhan bisnis manajemenkebutuhan bisnis manajemen.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

implementasi algoritma pencarian ke dalam coding hill climbing

LOGO UNIDHA dan SEJARAH UNIDHA

siklus hidup prodak